Sistem Informasi Manajemen Keuangan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Pemerintah RI memberikan penghargaan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atas keberhasilanya mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI 5 (lima) tahun berturut-turut. Menteri Keuangan Sri Mulyani atas nama Pemerintah menyerahkan penghargaan tersebut kepada Sekretaris Jenderal Kememdikbud mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada acara Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Tahun 2018 tanggal 20 September 2018.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud (Didik Suhardi)

Dalam sambutanya Menteri Keuangan menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Republik Indonesia memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi serta ucapan terima kasih kepada kementerian/lembaga yag telah mampu mempertahankan opini WTP selama 5 (lima) tahun berturut-turut. Rakernas Akuntansi ini dilaksanakan dalam rangka untuk terus menjaga dan memperkuat komitmen bersama dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara, sehingga upaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, yakni good governance dan clean governance dapat terus dijaga. Sebagai bangsa yang besar harus menjadi bangsa yang mandiri, memiliki daya saing yang tinggi yang didukung oleh tata kelola pemerintahan yang baik, terutama melalui pengelolaan keuangan negara yang sehat.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud (Didik Suhardi), berharap kiranya opini WTP atas Laporan Keuangan Kemendikbud dapat meningkatkan semangat seluruh jajaran Kemendikbud dalam melaksanakan program dan anggaranya, untuk meningkatkan mutu dan akses pendidikan di seluruh tanah air. Selain itu laporan keuangan diharapkan tidak hanya tersimpan rapi di lemari, akan tetapi dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan dan perencanaan program dan kegiatan tahun berikutnya. Kemendikbud terus berkomitmen untuk meningkatkan pengawasan dan pengendalian terhadap pengelolaan keuangan negara dengan memerhatikan kualitas pemanfaatanya dan terus mendorong untuk lebih terbuka, lebih efektif, dan lebih akuntabel.