Sistem Informasi Manajemen Keuangan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Bertempat di Holiday Inn Express Semarang, Biro Keuangan Setjen Kemendikbud menyelenggarakan Bimbingan Teknis SAI Berbasis Akrual pada LK Kemendikbud Tahun 2018 yang berlangsung dari tanggal 27 s.d. 29 September 2018 yang diikuti oleh 84 peserta sebagai penyusun Laporan Keuangan pada satuan kerja masing-masing.

Acara dibuka oleh Kepala Bagian Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Bapak Dody Wahyu Priambodo dan didampingi oleh para Kepala Sub Bagian di Bagian Akuntansi dan Pelaporan Keuangan serta  Muhammad Adi Hartono Kepala Subbagian Perencanaan dan Penganggaran LPMP Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Kepala Bagian Akuntansi dan Pelaporan Keuangan menekankan pada:

  1. Sistem pencatatan dan pelaporan kas serta persediaan pada beberapa satuan kerja belum memadai;
  2. Pengelolaan aset belum memadai diantaranya aset tidak berwujud, belum tertib, penilaian aset belum memadai, aset tanah masih dikuasai pihak lain;
  3. Memastikan saldo awal 2018 sama dengan saldo audited tahun 2017;
  4. Pastikan hibah langsung yang belum disahkan, tahun 2018 diselesaikan menurut perUndang-Undangan yang berlaku;
  5. Sistem penerimaan negara belum tertib sehingga terdapat penerimaan yang tidak disetorkan ke kas negara, dan digunakan langsung.

Dalam kegiatan tersebut diundang beberapa narasumber dari Kementerian Keuangan dan juga Intern Biro Keuangan terkait dengan BMN, diantaranya: Kebijakan Sistem Akuntansi Berbasis Akrual dan penerpannya dalam Laporan Keuangan; Mekanisme Penyusunan dan Telaah Laporan Keuangan; Analisis Permasalahan Laporan Keuangan pada Aplikasi SAIBA dan e-Rekon LK serta Evaluasi Laporan BMN Kemendikbud Tahun 2017.

Kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual pada Laporan Keuangan Kemendikbud Tahun 2018, ditutup oleh Kepala Bagian Akuntabilitas Kinerja-Biro Keuangan (Ferdian Amran).

 

Materi Bimtek:

Materi 1
Materi 2